Home » » Cara mendapatkan dan mempertahankan banyak pelanggan setia

Cara mendapatkan dan mempertahankan banyak pelanggan setia

banyak pelanggan

Kekuatan  dan  kekukuhan  suatu  bisnis  terhitung  dari  banyaknya  pelanggan  setia  yang  di miliki  oleh  bisnis  itu  sendiri. Semakin  banyak  konsumen  berlangganan  maka  wirausaha  yang  anda  tekuni  akan  semakin  kuat, sebaliknya  wirausaha  yang  anda  tekuni  dapat  di katakan  retak  apabila  pelanggan  yang  anda  miliki  jumlahnya  terbilang  sedikit. Karenanya  tak  heran  para  pewirausaha  relatif  melakukan  segala  cara  untuk  mendapatkan  dan  mempertahankan  banyak  pelanggan.

Melirik  kesempatan  mendapatkan  seluruh  pelanggan  saya  rasa  tidak  hanya  di upayakan  oleh  anda  tak  terkecuali  pesaing  anda  yang  juga  bersaing  dalam  mempertahankan  maupun  mendapatkan  pelanggan, Gesitnya  persaingan  memburu  konsumen  untuk  di konversikan  menjadi  customer  setentu  mungkin  sulit  untuk  di hindari.
Tapi  di sini  saya  akan  membongkar  perkara  ini, simak  ulasan  berikut  ini :

1. Menyediakan  fasilitas.

Menyediakan  produk  atau  jasa  dengan  kualitas  yang  memiliki  daya  saing  bagus  tidak  cukup  membantu  anda  meraup  ataupun  mempertahankan  loyalitas  pelanggan  anda.
Bukan  sesuatu  yang  sifatnya  fiktif  konsumen  tetap  memerlukan  fasilitas  memadai  di balik  mereka  membutuhkan  produk  yang  anda  jual.

Agar  anda  mudah  memahami  yang  saya  maksud  seperti  biasa  saya  hadirkan  contoh  sedserhana  yang  mudah  anda  cerna. Misalkan  anda  menjual  kuliner, Bolehlah  masakan  khas  yang  anda  suguhkan  menggoda  selera  pengendara  yang  berlalu  lalang. Tapi  fasilitas  parkiran  yang  anda  persediakan  kurang  memadai  alias  menampung  volume  kecil.
Ya, pengendara  yang  berlalu  lalangakan  berpikir  seribu  kali  untuk  mampir  mencicipi  kuliner  anda  yang  menggugah  selera  itu  sebab  menengok  volume  parkiran  sudah  tidak  mencukupi.

Pokoknya  fasilitas  sangat  penting  selain  menambah  nilai  usaha  anda  seperti  kita  ketahui  bersama  konsumen  adalah  juri  yang  melakukan  penilaian  sebelum  mereka  menentukan  pembelian.
Ketika  anda  berbelanja  ke  supermarket  anda  mendapati  eskalator  yang  menjorok  dari  lantai  ke  lantai, eskalator  adalah  fasilitas  yang  di fungsikan  untuk  para  pengunjung.

2. Membuat  kartu  member


Membuat  kartu  member  di tujukan  untuk  menjaring  konsumen  supaya  menjadi  customer  setia  yang  rutin  membeli  produk  anda  tanpa  memilih  ke  tempat  lain.
Dengan  menggantungkan  kartu  member  buatlah  konsumen  anda  berpikir  kenapa  mereka  harus  memiliki  kartu  member.

* Mungkinkah  dengan  kartu  member  mereka  berhak  memperoleh  diskon  khusus.

*Mungkinkah  dengan  kartu  member  mereka  berhak  memperoleh  doorprize.

Tunjukan  sesuatu  yang  khusus  dan  menguntungkan  yang  akan  di peroleh  konsumen  jika  mereka  mendaftarkan  dirinya  menjadi  member  yang  bakal  setia  berbelanja  di tempat  anda.

Siasat  seperti  ini  tak  jarang  anda  temui  misalnya  di  mini  market,  sadarkah  anda  kartu  member  itu  dengan  sengaja  di buat  untuk  mengarahkan  anda  agar  selalu  berbelanja  di minimarket  tersebut  sehingga  pemilik  minimarket  dapat  menjaga  dan  mempertahankan  pelanggannya  termasuk  anda.

3. Melayani  konsumen  dengan  sebaik - baiknya

Tidak  semua  penjual  bersifat  ramah  tamah  terhadap  pembeli, ketidakramahan  penjual  terhadap  pembeli  menurut  saya  hal  paling  konyol. Kekonyolan  ini  adalah  tembok  pembatas  yang  secepatnya  akan  menghancurkan  bisnis  anda,  bagaimana  bisnis  anda  tidak  di sinyalir  hancur  jika  setiap  harinya  anda  tidak  memperoleh  konsumen.

Sesinis  apapun  seorang  pembeli  mengundan  emosi  anda  maka  anda  harus  berupaya  tetap  melayani  mereka  dengan  sebaik - baiknya, terkecuali  sudah  di ambang  batas.

Pernahkah  anda  berpikir  ketika  anda  mengunjung  restoran  berbintan  dan  anda  sembarih  duduk  santai  tanpa  di sengaja  pelayan  menjatuhkan  minuman  yang  anda  pesan  ke  celana  anda  dan  anda  mulai  menggerutu  pelayan.
Kemudian  seorang  manajer  restoran  datang  menghampiri  anda  dan  dia  mengatakan  sebagai  gantinya  anda  tidak  perlu  membayar  makanan  dan  minuman  yang  anda  pesan  alias  gratis.
Perbuatan  semacam  ini  membuktikan  perbuatan  yang  melayani  konsumen  dengan  sebaik - baiknya  dengan  tujuan  agar  restoran  tidak  kehilangan  customer  loyal.

4. Tampil  menarik  dan  menggoda.

Ibarat  bunga  desa  yang  cantik  jadi  rebutan  perjaka  muda, penampilan  cantik  memang  memanah  mata  yang  melihat, begitu  pula  dengan  usaha  yang  anda  geluti. anda  harus  merias  interior  bahkan  eksterior  untuk  menarik  konsumen.
Tampil  bersih, wangi  dan  lain - lain.
Ya,  terutama  kebersihan  adalah  penilaian  hakiki  yg  di perhitungkan  konsumen  anda, ketika  anda  membuka  warung  yang  kental  dengan  masakan  tradisional  yang  menawarkan  rasa  menggoda  namun  di pandang  dari  sisi  kebersihan  tempat  terbilang  jorok.
Apakah  kira - kira  anda  akan  mendapatkan  konsumen,  jika  konsumen  sulit  anda  dapatkan  apalagi  pelanggan  tentu  saja  mereka  akan  berpikir  seribu kali  untuk  datang  kembali  mencicipi  masakan  anda.


5.Menyediakan  jalur  pengaduan  dan  keluhan.

Tanpa  menyisipkan  kontak  pengaduan  dan  keluhan  anda  tidak  mungkin  mengetahui  permasalahan  yang  di eluh - eluhkan  oleh  konsumen  anda. Ketika  anda  tidak  pernah  menyelesaikan  masalah  yg  di alami  konsumen  anda  perlahan - lahan  mereka  akan  meninggalkan  anda.

Keluhan  yang  di adukan  konsumen  sebetulnya  sangat  membangun  guna  memoderasi setiap  yang  d keluhkan  konsumen  untuk  menjaga  mereka  (pelanggan  dengan  loyalitas)  tetap  berlangganan  produk  dan  jasa  yang  anda  jual.

Kontak  keluhan  ini  harus  anda  sediakan, setiap  pelanggan  yang  melakukan  pengaduan  sebetulnya  mereka  adalah  pelanggan  setia  anda. Mereka  terlebih  dahulu  mengadukan  keluhannya  tanpa  mengambil  keputusan  langsung  meninggalkan  anda, tapi  selama  apa  yang  mereka  adukan  belum  anda  tanggapi  atau  masalah  yang  mereka  eluh - eluhkan  tidak  anda  perbaiki  perlahan  dan  pasti  mereka  akan  memutuskan  untuk  meninggalkan  anda


Recents

Powered by Blogger.

Facebook

Comments

Ads

Random Posts

Recent Posts

Popular